Saturday, June 12, 2010

Cara Mengisi Tinta Atau Merefill Tinta Katrid HP No 21 Pada Printer HP Deskjet D2466

Merefill sendiri berarti anda akan hemat waktu dan uang. Karena untuk merefill katrid hitam yang bawaan printer ini, biasanya kena biaya sekitar 30 ribu. Padahal kalau beli tinta refill kita dapat 40 cc, berarti bisa 8 kali refill, bahkan mungkin lebih. Mengingat harga yang dikeluarkan untuk merefill katrid itu lumayan mahal, maka ada baiknya bisa dilakukan sendiri. Berikut ini langkah untuk merefil katrid tersebut.



Langkah-langkah merefill Katrid tinta hitam no 21.
  1. Belilah tinta refill, bukannya iklan (dan saya juga tidak dibayar untuk ini) tetapi saya menggunakan merek DATAPRINT seri DP 27 yang bisa dipakai untuk katrid hp no 21, 27 dan 56. Harganya sekitar 18ribu.
  2. Siapkan tisu kering dan bersih selembar.
  3. Pada suntikan tinta yang akan kita pakai untuk refill, bukalah tutup tintanya, lalu pasanglah diujungkan sambungan jarum suntikan (bentukknaya memang persis seperti jarum suntik).
  4. Hidupkan printer anda (computer tidak hidup juga tidak apa-apa).
  5. Buka cover atas printer, maka otomatis kedua katridnya no 22 dan 21 akan bergeser posisinya ke tengah printer, dan lampu power (lampu posisi paling kiri) di printer akan berkedip-kedip.
  6. Lepaskan katrid no 21 dari dudukan di printer, agak sulit menjelaskan tekniknya, tetapi sederhananya adalah taruh jari tengah dan jari telunjuk diatas katrid yang ada benjolannya, sedangkan ibu jari untuk menahan katrid bagian depan yang bawah, lalu tinggal tarik jari tengah dan telunjuk anda, maka akan copotlah katrid dari dudukannya. (hati-hati dalam memperlakukan katrid, jangan sekali kali anda menyentuh HEAD tempat keluarnya cairan tinta di bawah katrid, dan jangan pula menyentuh konektor tembaga yang ada bintik-bintiknya yang berguna untuk menghubungkan katrid dengan dudukan katrid di printer). Karena katrid masih asli bawaan printer, maka hanya muat sekitar 5 cc dalam sekali refill, maka teknik merefilnya harus setetes demi setetes, dan memang agak lama, bisa sekitar 10 menit.
  7. Buka stiker diatas katrid pad bagian atas (artinya anda bisa membaca tulisan di stiker tanpa terbalik), cukup sepertiganya saja, atau sampai terlihat lubang pengisian tinta yang posisinya ada di tengah.
  8. Ambil suntikan refill tinta lalu taruh diatas lubang pengisian di katrid kira-kira 0,5 cm, lalu tekan suntikan perlahan sampai diujung jarum suntikan terlihat tintanya mengumpul, lalu masukkan tinta yang mengumpul diujung jarum suntik tersebut ke lubang pengisian dengan agak menempel disisinya lubang, sehingga lubang tetap terbuka tidak dipenuhi oleh tetesan tinta, jika ternyata tinta menutupi lubang pengisian katrid, maka tiuplah dengan angin dari mulut anda sampai lubangnya terbuka. (harus dilihat pada tempat yang terang, atau kalau malam pakai lampu yang terang, biar lubang pengisian di katrid bisa terlihat dengan jelas).
  9. Ulangi langkah no 8 diatas sampai katrid penuh atau tidak bisa diisi lagi. Atau lebih mudahnya tandai dulu suntikan tinta saat memulai merefill pada angka berapa, misal angka 20, dan hentikan setelah sampai pada angka 15, sehingga yang diisikan adalah 5 cc.
  10. Bersihkan sekitar lubang pengisian dengan tissue yang sudah disediakan tadi sampai bersih.
  11. Tutup kembali stiker yang tadi dikelupas sedikit, tutuplah sesuai aslinya, karena ada mekanisme pernafasan katrid melalui jalur yang berbelok-belok yang tertutup oleh stiker, tetapi diujungnya terbuka.
  12. Pasang kembali katrid anda ke dudukan printer.
  13. Tutup kembali cover atas printer.
  14. Printer anda siap untuk digunakan lagi untuk ngeprint text atau gambar warna hitam. Untuk yang katrid berwarna saya belum pernah mengisinya, tetapi saya yakin teknik dan  prosesnya hampir sama dengan yang katrid hitam, cuma mengisinya dengan 3 tinta warna yang berbeda.

1 comment:

  1. makasi kawan buat infonya... sungguh membantu.. >masih dicoba

    ReplyDelete

terima kasih telah meninggalkan komentar anda

tv online